May 14, 2011

Sedikit info kenapa Harga Emas menurun

Allah menciptakan segala sesuatu sesuai ukurannya dan emas diciptakanNya secara terbatas. Di seluruh Dunia saat ini hanya ada sekitar 150,000 ton emas di permukaan bumi. Yang digali dari perut bumi setiap tahun hanya menambah emas di permukaan bumi sekitar 1.5% per tahun – sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk dunia.


Ada dua hal yang menjadi pendorong naik turunnya harga emas dunia, yang pertama tentu pergerakan supply and demand. Bila yang menjual banyak sedangkan yang membeli sedikit otomatis harga turun, begitu juga jika yang membeli banyak sedangkan yang  menjual sedikit maka harga akan naik. Trend begini adalah perkara biasa walau bagai mana pun harga emas akan terus meningkat dalam jangka panjang.

Manakala faktor kedua adalah kekuatan mata wang yang dipakai untuk membelinya  kerana harga emas dunia pada umumnya dinilai dalam US$ maka kekuatan mata wang US$ juga memberi kesan kepada harga emas.

Jon Nadler, penganalisa senior di Kitco.com menyatakan bahwa harga emas tertekan setelah munculnya data pengangguran di Amerika Syarikat. Pada Januari lalu tingkat pengangguran di AS turun menjadi 9%. "Perekonomian AS telah berhasil menambahkan 36 ribu lapangan kerja baru," katanya.

No comments:

Post a Comment

dinar

dinar